SENI MOZAIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pertemuan ke 10

A.      Pengertian Mozaik
Mozaik merupakan pembuatan karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan  material atau bahan dari kepingan-kepingan yang sengaja di buat dengan cara dipotong – potong atau sudah berbentuk potongan kemudian disusun dengan ditempelkan pada bidang datar dengan cara di lem. Kepingan benda-benda tersebut antara lain kepingan pecahan keramik, potongan kaca, potongan kertas, potongan daun, potongan kayu, atau kacang-kacangan. Tetapi untuk sebuah tema gambar menggunakan saju jenis material, kemudian disusun sesuai dengan pola yang diinginkan dengan cara ditempel.
Susunan atau potongan harus sesuia dengan bentuk tema yang kita inginkan. Untuk membuat garis kontur yang membatasi ruangan (bidang) tidak menggunakan pewarna dioleskan, tetapi menggunakan tempelan – tempelan yang berbeda warna.

B.       Fungsi Seni Mozaik terhadap kreativitas Anak Usia dini
Sebagai seorang guru dituntut tidak hanya menguasai aspek/keterampilan  dalam seni rupa pada umumnya, melainkan harus memahami  pula tentang aspek pengetahuan yang terintegrasi di dalamnya sehingga usaha-usaha kita dalam menstimulus perkembangan berbagai kemampuan dasar, dapat terlaksana secara optimal sehingga dapat memiliki dasar dan konsep yang kuat.
·     Fungsi Praktis artinya karya seni rupa mozaik selain bersifat induvidual juga sebagai media ekpresi buat anak.
·         Fungsi Edukatif artinya melalui penerapan metode pembelajaran melalui pendidikan seni mozaik dalam upaya untuk membantu pengembangan berbagai fungsi perkembangan dalam diri seorang anak, yang meliputi kemampuan : fisik, daya pikir, daya serap, emosi, cita rasa keindahan,  kreativitas.
·         Fungsi ekspresi artinya unsur – unsur seni rupa pada karya mozaik seperti garis, warna, benruk dan tekstur merupakan bahasa rupa yang digunakan dalam cara mengungkapkan ide – ide atau gagasan, imajinasi, pengalaman yang estetis yang kemudian diungkapkan berwujud ekspresi simbolis yang sangat pribadi.
C.        Langkah-langkah Pembuatan Mozaik
Adapun beberapa lagkah dalam pembuatan mozaik akan penulis jabarkan sebagai berikut :
1.        Menyiapkan alat dan bahan pembuatan mozaik. Peralatannya yaitu :
·         Kertas gambar.
·         Pensil digunakan untuk membuat pola gambar.
·         Lem
·         Koran bekas yang berwarna/ketas origami
·         Dan bahan alam seperti berbagai jenis kacang-kacangan.
2.                  Buatlah pola gambar pada kertas gambar, bola dibuat sesuai kreasi anak dapat berupa buah, hewan, tumbuhan, ataupun bagunan.
3.                  Lalu tepelkan berbagai jenis kacang-kacangan atau koran bekas ataupun kertas origami, bahan daar ini dapat dipilih salah satu atau digunakan seluruhnya sesuai keinginan anak. Tempelkan menggunakan lem.
4.                  Setelah semua pola gambar telah tertutupi. Lalu kemudian jemur kertas gambar tersebut hingga lem mengering.
5.                  Setelah lem mengering. Jadilah hasil karya mozaik.

contoh gambar hasil karya mozaik




Komentar

Posting Komentar